Posts

Bekerjasama dalam team (Kelompok) atau Team Work

Image
1.      Pengertian dan Karakteristik Kelompok         Suatu kelompok diberikan pengertian sebagai sekumpulan orang yang melakukan interaksi dan   komunikasi serta memiliki tujuan bersama. Horton (1996: 215) mendefinisikan kelompok sebagai       setiap kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi.    Beberapa karakteristik kelompok yang dikemukakan oleh Horton adalah sebagai berikut : a.     Kumpulan orang, untuk mempertegas bahwa kelompok bukan individu, dan kelompok bukan masyarakat. Kelompok akan terdiri dari dua orang atau lebih yang berkumpul. b.      Memiliki kesadaran bersama akan keanggotaannya. Orang menggabungkan diri pada kelompok karena kesadaran dengan niatan yang disengaja sehingga mereka memiliki kesadaran akan keanggotaannya. c.     Etnosentrisme kelompok akan muncul, baik pada kelompok sendiri maupun kelompok lu...

Pengambilan Keputusan dalam Organisasi

Image
v    Definisi dan dasar pengambilan keputusan              Keputusan adalah suatu pemutusan atau pengakhiran dari pada suatu proses pemikiran tentang suatu masalah atau problem, untuk menjawab pertanyaan apa yang harus diperbuat guna mengatasi masalah tersebut, dengan menjadikan pilihan pada salah satu alternatif tertentu. Atmosudirsjo S Prajudi (1982:87).             Pengambilan keputusan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi individu maupun organisasi. Mengambil keputusan kadang-kadang mudah tetapi lebih sering sulit sekali. Kemudahan atau kesulitan mengambil keputusan tergantung pada banyaknya alternatif yang tersedia. Semakin banyak alternatif yang tersedia, kita akan semakin sulit dalam mengambil keputusan. Keputusan yang diambil memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Ada keputusan yang tidak terlalu berpengaruh terhadap organisasi, tetapi ad...

KEPEMIMPINAN

Image
v    Arti Penting Kepemimpinan                      Seorang pemimpin dapat membuat suatu perbedaan pada faktor – faktor hasil akhir : prestasi, pencapaian tujuan, dan pertumbuhan serta perkembangan individu. Namun, derajat perbedaan dan proses menggunakan kepemimpinan untuk membuat suatu perbedaan agak kabur. Beberapa pakar teori dan peneliti memberikan advis yang agak hati – hati akibat dari kepemimpinan.               Bukti empiris dari besarnya efek kepemimpinan pada prestasi bersifat moderat. Sejumlah alasan telah dikemukakan atas terjadinya efek moderat dari pemimpin terhadap prestasi dan hasil organisasi lain. Pertama, mereka yang dipilih sebagai pemimpin memiliki latar belakang, pengalaman dan kualifikasi yang mirip. Kemiripan dari individu – individu yang dipilih ini akan mengurangi keragaman ka...